Jalan-jalan ke Bangkok, Thailand! Apa saja yang harus dipersiapkan?

Setelah menikah, saya dan istri memutuskan untuk pergi ke Bangkok, Thailand untuk pergi berbulan madu. Kami sudah merencanakan destinasi bulan madu jauh-jauh hari. Awalnya kami ingin berbulan madu ke Brunei Darussalam, karena kami pikir itu tempat yang jarang dikunjungi orang lain. Supaya anti-mainstream, gitu..hehehe. Tapi setelah kami lihat-lihat di internet, ternyata transportasi ke sana mahal! Wajar sih, karena Brunei bukan tempat favorit wisata. Sempat juga ingin ke Ha Long Bay, Vietnam..tapi mahal banget, hahaha. Akhirnya kami memutuskan untuk pergi ke Bangkok, Thailand saja. Kenapa Bangkok? Karena di sana banyak tempat wisata dan harganya relatif murah. Selain itu di sana juga banyak makanan-makanan lezat…hmmm, sangat menarik. Namun, sebelum ke Bangkok ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Apa saja sih?

Pemandangan kota Bangkok. (Taken from my phone)

Tiket pesawat

Ini hal yang paling penting nih. Untuk mencapai Bangkok menggunakan pesawat, ada dua bandara yang dapat dituju: Suvarnabhumi Airport (BKK) dan Don Mueang Airport (DMK). Untuk kemudahan akses dan transportasi baik dari maupun menuju kota Bangkok, saya sarankan

pilihlah pesawat yang menuju Suvarnabhumi Airport. Kenapa? Dari Suvarnabhumi Airport terdapat Airport Rail Link (ARL) untuk mencapai pusat kota. ARL merupakan Airport Shuttle yang akan membawa kita berpindah dari airport ke kota dan sebaliknya. ARL ini sangat untuk mencapai pusat kota, karena selain tarifnya yang murah, dia juga praktis dan cepat. Bila kita memilih Don Mueang Airport sebagai tempat mendarat di Bangkok, maka kita memerlukan taksi untuk mencapai ke pusat kota. Memakai taksi dari airport ke pusat kota harganya jauh lebih mahal daripada menggunakan Airport Shuttle:

  • Dari Suvarnabhumi ke pusat kota menggunakan ARL: 45 Baht/orang
  • Dari Don Mueang ke pusat kota menggunakan taksi: 400 Baht!!

Perbedaan harga yang mencengangkan, bukan? Hahaha. (Kalau dihitung, kami bisa menghemat 310 Baht, yang jika dikonversikan ke dalam kurs rupiah adalah sekitar Rp 139 ribu)

Selain itu, fasilitas dan kenyamanan di Suvarnabhumi Airport jauh lebih baik ketimbang Don Mueang Airport. Banyak sekali toko dan restoran di Suvarnabhumi: ada family mart, Burger King, McDonald, pharmacy store, groceries store, starbucks, dan lain-lain. Sedangkan di Don Mueang, hanya terdapat stall-stall kecil saja, itu pun hanya menjual makanan ringan dan minuman saja.

Tips untuk para calon penumpang dari Bandung:

Jika teman-teman ingin pergi ke Bangkok namun malas pergi ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) atau tidak menemukan jadwal yang cocok untuk ke Soekarno-Hatta, saya sarankan untuk memilih tiket pesawat dari Husein Sastranegara (BDO) menuju Kuala Lumpur International Airport (KUL), Malaysia. Bila dihitung, perbedaan harganya hanya sedikit saja, tapi jauh lebih mudah untuk menuju Husein kan daripada ke Soekarno Hatta? Waktu itu saya dan istri berangkat dari Husein jam 07.30 menggunakan Air Asia lalu transit di KLIA, kemudian berangkat lagi pukul 14.00 menggunakan Malaysia Airlines. Di Malaysia Airlines kami mendapatkan free lunch beserta minum, jadi tidak usah pusing-pusing mencari makan siang. Setelah kami hitung, bedanya hanya 500 ribu bila dibandingkan kalau harus ke Soekarno-Hatta dulu. Bila dihitung-hitung lagi, untuk ke Soekarno-Hatta nya saja kami harus bayar 200 ribu per orang untuk travel menuju bandaranya, jadi hanya beda sedikit saja lah, tapi jauh lebih praktis. Hehehe…Oh iya, jangan lupa bawa Ringgit Malaysia, just in case terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti: lapar, lihat sesuatu yang menarik di toko-toko KLIA, dll…

NOTE: Kalau ternyata mendarat di KLIA2 dan berangkat ke Bangkok dari KLIA1, teman-teman membutuhkan setidaknya 2 ringgit per orang untuk menggunakan airport shuttle dari KLIA2 menuju KLIA1 atau sebaliknya.

Akomodasi

Ini juga tidak kalah penting. Berhubung Bangkok adalah the most visited city in the world (di tahun 2018, according to Business Insider), hotel-hotel di Bangkok hampir pasti full booked setiap saat. Alangkah baiknya untuk melakukan booking hotel jauh-jauh hari sebelum keberangkatan agar mendapatkan hotel yang sesuai dengan keinginan, baik dari budget maupun fasilitas.

Hal penting dalam memilih hotel di Bangkok adalah carilah hotel yang dekat dengan transportation hub, baik itu MRT atau BTS Skytrain (LRT). Hal yang saya dapatkan ketika bepergian di Bangkok adalah public transportation itu sangat membantu dalam bepergian karena tarifnya murah, mudah digunakan, jangkauannya luas, dan yang terpenting, tidak kena macet! Pasti nggak mau kan bepergian kena macet, kalau mau macet-macetan sih di sini juga bisa hahaha.

Uang dan Internet

Untuk menukar rupiah menjadi baht, cukup pergi ke money changer yang ada di kota tempat tinggal masing-masing. Persiapkan dengan baik, jangan sampai kurang. Jika pada saat bepergian di Bangkok ternyata uangnya habis, jangan khawatir, di sana juga banyak money changer. Tetapi kalau bisa jangan tukar dalam kurs rupiah, karena nilai tukarnya biasanya jelek. Sebaiknya bawalah uang cadangan yang memiliki nilai tukar yang bagus, seperti US Dollar atau Euro.

Di jaman sekarang sepertinya kita tidak bisa hidup tanpa internet. Lalu bagaimana untuk masalah mobile data di Bangkok? Teman-teman bisa membeli kartu SIM provider lokal thailand di online shop kita. Kemarin sih kami beli kartu SIM di online shop warna hijau, harganya 100 ribu per kartu, bisa internetan 3GB/7hari. Sebenarnya bisa sih beli kartu SIM lokal di Bangkok, tapi kan males ya ngobrolnya pake bahasa lokal…nggak ngerti cuy! Hahaha

Oh iya, jika teman-teman tidak bepergian sendiri, alangkah baiknya masing-masing orang membeli satu kartu SIM, jangan hanya beli satu kartu SIM kemudian di-tether. Males kan harus bergantung pada hp seseorang, gimana kalau dia lagi ada urusan lain terus terpisah? Kan mati gaya, nggak bisa internetan..hahaha. Parahnya lagi kalau tersesat atau terpisah dari rombongan, nggak bisa tanya-tanya atau telfon-telfon kan bahaya juga yah.

Transportasi

Sarana transportasi yang dapat digunakan untuk bepergian di kota Bangkok ada beberapa macam, diantaranya adalah:

  • MRT
  • BTS Skytrain (LRT)
  • Grab (mobil atau motor)
  • Taxi
  • Chao Phraya Express (perahu)
  • Tuktuk

Saya sarankan sebisa mungkin menggunakan MRT, BTS Skytrain dan Chao Phraya Express, karena harganya murah, praktis dan cepat. Jika teman-teman terpaksa menggunakan taxi, gunakanlah taxi yang bermeter/argo. Jangan mau naik taxi tanpa argo, karena sudah pasti harganya ditembak jauh, jadi lebih mahal. Alternatifnya kalau mau naik taxi, gunakanlah aplikasi Grab, karena tarifnya sudah fixed dan praktis. Sayangnya, menggunakan grab di sini membutuhkan waiting time yang lama, karena pengguna grab di sini tidak sebanyak di Indonesia. Saya sendiri membutuhkan rata-rata 15-20 menit untuk menunggu grab mengangkut saya. Tuktuk tidak saya sarankan, karena sopirnya ugal-ugalan dan harganya mahal. Tapi kalau memang pengen naik tuktuk untuk pengalaman saja, ya silakan.

Kenalilah peta MRT, BTS Skytrain dan Chao Phraya Express agar dapat dengan mudah membuat rute ke tempat tujuan. Hal ini sangat membantu agar kita dapat mengestimasi waktu tempuh yang dibutuhkan dalam bepergian. Gunakan juga Google Maps untuk mengetahui rute bepergian di Bangkok.

Untuk melihat rute MRT, BTS Skytrain dan Chao Phraya Express, silakan click link ini.


Sekian tips dari saya, mudah-mudahan bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan tinggalkan pesan di kolom komentar, Insya Allah saya jawab. Terima kasih!

One thought on “Jalan-jalan ke Bangkok, Thailand! Apa saja yang harus dipersiapkan?

  1. […] umum, karena harganya fixed dan tidak ada tipu-tipu, hahaha. Sayangnya, seperti yang telah saya bahas di sini, pemesanan Grab di sini waktunya lamaaaa sekali. Umumnya mencapai 20-30 menit dari waktu pemesanan […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s