Review 20.000 km: Yamaha X-Ride 2016

Baca juga: Review 10.000 km: Yamaha X-Ride 2016


Tidak terasa si exo (X-Ride Orange) sudah 2 tahun menemani saya. Tidak terasa pula odometernya sudah menunjukkan angka 20.000; artinya saya dan exo sudah berkeliling sepanjang 20.000 kilometer. Tidak lupa saya langsung servis exo di bengkel resmi Yamaha. Banyak juga komponen yang harus diganti. V-Belt, mangkok, rumah mangkok, pulley, oli mesin, oli gardan dan oli fork. Biaya total yang saya habiskan pada servis 20.000 km ini adalah 766.500 rupiah. Saya kaget melihatnya! Tapi saya pikir wajar sih karena exo sudah berjalan sebanyak 20.000 km. Dalam rangka menempuh milestone ini akan saya bahas beberapa hal yang saya alami:

20.000 km!

Sering bunyi berdecit di CVT

Sepertinya ini merupakan penyakit khas CVT skutik Yamaha. Selama 20.000 km ini rasanya saya sudah 2 kali mengalami bunyi berdecit begini. Kalau sudah bunyi begini biasanya tarikan menjadi kasar dan getaran juga semakin terasa. Tapi itu semua hanya terjadi ketika motor berakselerasi dari diam; kalau sudah diatas 10 km/jam sih tidak akan berbunyi begitu yah, hehe.

Komponen yang biasanya berkontribusi terhadap bunyi berdecit adalah pulley, mangkok, dan rumahnya. Biasanya mereka sudah aus dan banyak baretnya. Penyebabnya adalah menarik tuas gas terlalu dalam pada saat akselerasi dari diam. Jujur saja, saya sering melakukan hal tersebut, terutama kalau start dari lampu merah karena suka banyak yang klakson saya, pada nggak sabaran deh..sebel. Pada servis kali ini saya ganti semua komponen tersebut sekaligus V-Beltnya juga, karena kondisinya ternyata sudah baret dan banyak aus. Setelah diganti, akselerasi exo jadi lebih lembut seperti motor baru hehehe..

Shock depan keras

Ini juga wajar, karena memang jadwal penggantian oli fork depan adalah setiap 20.000 kilometer. Sekitar 15.000 km, shock depan terasa keras reboundnya. Pada servis kali ini saya ganti oil fork depan dan hasilnya, rebound shock depan exo sudah lembut kembali. Haaahh enaknyaa..

Loss Compression

Nah ini adalah kejadian yang paling membuat saya khawatir kalau lagi naik motor matik. Kejadian ini terjadi pada saat kilometer 12.000-an. Saat itu saya sedang naik exo berboncengan di hari Minggu siang, melewati jalan Katamso. Ehhh tiba-tiba si exo mati dan tidak bisa distart. Saya coba start pake starter, nggak bisa. Pake selah, nggak bisa. Saya start pake starter dan selah, masih nggak bisa juga. Saya tunggu 15 menit, kemudian coba start lagi, nggak bisa juga. Haduuh saya pusing. Saya curiga, exo mengalami loss compression. Untungnya tidak jauh dari tempat exo mogok ada bengkel motor yang buka. Beruntungnya saya, ada bengkel motor buka di hari Minggu hahaha.

Sesampainya di bengkel, saya laporkan ke mekanik bahwa exo mengalami loss compression. Mekanik langsung paham, lalu dia bongkar deck dan mengalirkan sedikit oli ke tempat busi. Coba start…dan exo pun langsung menyala. Menurut mekaniknya, loss compression adalah hal yang umum terjadi di motor-motor skutik, entah itu skutik bermerk Honda, Yamaha atau Suzuki. Setelah mengetahui hal tersebut, saya selalu khawatir kejadian ini terjadi lagi. Bayangkan kalau saya lagi pulang larut malam kemudian motor loss compression di tengah jalan..bagaimana caranya saya pulang? Ditambah lagi Bandung di malam hari sudah tidak aman lagi karena banyak geng motor dan begal. Duh mudah-mudahan tidak terjadi ya hal yang seperti itu…Ujung-ujungnya sih saya mau nggak mau tetap menggunakan exo, mau ganti motor juga kayaknya sekarang paling praktis pake skutik sih. Jadi ya udah deh tetep pake exo hahaha,

Apa lagi ya…

…kayaknya sih udah lah ya. Hahaha

Pokoknya saya nyaman naik X-Ride ini, walaupun tenaganya kurang. Posisi riding dengan stang lebar yang membuat nyaman ditambah tidak adanya kotak/box compartment di deck depan membuat kaki saya lega dan tidak khawatir lutut akan menyundul box apabila saya sedang berboncengan.

Mudah-mudahan kamu tidak rewel ya, exo.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s