Membuat Paspor Secara Online

Saya akan berbagi pengalaman saya membuat paspor secara online.

Perlu diingat bahwa walaupun julukannya adalah membuat paspor secara online, Anda tetap harus datang ke kantor imigrasi. Anda bisa memilih kantor imigrasi dimana saja, tidak harus sesuai dengan kota kelahiran Anda.

Poin penting lainnya adalah pembuatan paspor ini membutuhkan waktu sekitar 17 hari; 14 hari untuk verifikasi data pribadi, 3 hari untuk pencetakan paspor. Jadi, rencanakanlah kegiatan Anda dengan tepat.

Keuntungan membuat paspor secara online adalah lebih hemat waktu. Kalau Anda membuat paspor secara walk-in, Anda harus datang tiga kali. Dengan membuat paspor secara online, Anda hanya perlu datang dua kali ke kantor imigrasi.

Oke, langsung saja saya bahas langkah-langkah membuat paspor online:

I. Pra Permohonan Personal

Tahap pertama adalah tahap Pra Permohonan Personal. Pada tahap ini, kita akan mengisi data diri kita yang akan dijadikan database pada paspor yang akan dibuat.

  1. Kunjungi laman Imigrasi: http://www.imigrasi.go.id/
  2. Arahkan kursor ke Layanan Publik, lalu klik Layanan Paspor Online di bagian bawah.
    paspor online
  3. Klik Pra Permohonan Personal.
  4. Isi data diri yang sesuai dengan akte kelahiran dan kartu keluarga.
  5. Langkah berikutnya adalah proses konfirmasi data. Silakan buka e-mail yang sesuai dengan data yang telah diisi pada bagian sebelumnya, lalu buka link yang berasal dari SPRI. Jangan lupa cetak bukti konfirmasi pengantar untuk pembayaran di bagian attachments.
  6. Lakukan pembayaran biaya pembuatan paspor melalui bank BNI (Rp 355.000,-). Bagi Anda yang memiliki kartu ATM BNI, Anda dapat melakukan pembayaran via ATM, lebih cepat dan praktis! (via ATM, pilih pembayaran>imigrasi>masukkan nomor yang ada di laman konfirmasi). Simpan bukti pembayaran, jangan sampai hilang!
  7. Kembali ke halaman paspor online, masukkan nomor yang terdapat pada bukti pembayaran, lalu pilih jadwal kedatangan Anda ke kantor imigrasi. Hari tercepat yang bisa Anda pilih adalah 14 hari setelah Anda mengisi formulir ini.
  8. Konfirmasi jadwal Anda dan selesai! Imigrasi akan mengirim dokumen data diri Anda melalui email. Dokumen ini harus dibawa pada saat Anda datang ke kantor imigrasi untuk mengambil nomor antrian, jangan lupa!

Sekarang Anda tinggal menunggu untuk datang ke kantor imigrasi sesuai dengan jadwal yang sudah Anda pilih. Ada beberapa hal yang harus Anda siapkan.

II. Datang ke Kantor Imigrasi

Sebelum datang ke kantor imigrasi, ada beberapa dokumen yang harus Anda lengkapi sebagai bagian dari persyaratan administrasi, diantaranya adalah:

  1. Copy KTP satu lembar kertas A4 (copy KTP bagian depan dan belakang pada satu sisi kertas A4).
  2. Copy Kartu Keluarga.
  3. Copy Akte Kelahiran/Surat Nikah/Ijazah.
  4. Materai Rp 6000,-.

Bawa juga dokumen asli untuk jaga-jaga dari hal yang tidak diinginkan. Selain itu, pastikan Anda menggunakan kemeja (jangan warna putih!) pada saat datang ke kantor imigrasi.

III. Pengambilan Paspor

Setelah 3 hari menunggu, Anda dapat mengambil paspor Anda di kantor imigrasi. Selesai!

Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s