Memperpanjang SIM di Outlet SIM BTC Pasteur Bandung

UPDATE 19 JUNI 2017: Saya perpanjang SIM C satu minggu sebelum hari lebaran. Datang jam 10 pagi, antrian sudah panjang. Ternyata formulir hari itu dibatasi hanya untuk 140 pemohon saja. Saya kebagian urutan 139 dari 140 pemohon (beruntung sekali, hehe). Biaya perpanjang SIM C Rp 115.000. Blangko SIM sudah habis, saya hanya diberi resi sebagai pengganti SIM C saya, dan disuruh mencantumkan nomor telepon agar saya dapat dihubungi pihak Outlet SIM untuk pengisian formulir dan pemotretan. Katanya pemotretan dan pencetakan SIM baru bisa dilakukan satu minggu setelah lebaran. Aneh nih, blangko SIM kok sampai habis segala…


Beberapa hari yang lalu, saya memperpanjang masa berlaku Surat Izin Mengemudi A (untuk mobil) saya di Outlet SIM yang terletak di Bandung Trade Center (BTC) Pasteur. Prosesnya cepat, tidak sampai setengah jam kalau sedang sepi. Kebetulan waktu itu sedang ramai, sehingga banyak waktu terbuang karena antre (makan waktu satu jam). Selain itu, kualitas foto pada SIM juga bagus. Berikut prosesnya:

  1. Persiapkan SIM yang ingin diperpanjang masa berlakunya, foto kopi KTP yang masih berlaku, dan pulpen. Kalau foto kopi KTP tidak ada dan tidak ada pulpen, tenang saja, di sana ada layanan foto kopi KTP dan penjualan pulpen.
  2. Datang ke Outlet SIM di lantai bawah. Dari parkiran motor, cari pintu masuk mall yang turun ke bawah (dekat musholla dan toilet umum). Waktu itu Outlet SIM baru buka pukul 09.00 WIB. Outlet SIM ini melayani perpanjangan SIM A dan SIM C.
  3. Isi formulir pendaftaran. Biasanya formulir ditempel di dekat pintu masuk Outlet SIM.
  4. Lakukan pengecekan kesehatan, letaknya di belakang Outlet SIM. Di tempat pengecekan kesehatan ini lah tersedia layanan foto kopi KTP, penjualan pulpen, dan laminating SIM. Biaya cek kesehatan Rp 40.000, harga pulpen Rp 2.000, dan laminating SIM Rp 5.000 (saya gak tau biaya foto kopi KTP berapa bayarnya..hehe).
  5. Kembali lagi ke Outlet SIM dan lakukan administrasi data diri dan permohonan perpanjangan SIM di bagian resepsionis. Untuk SIM A, biayanya Rp 110.000, sedangkan SIM C Rp 100.000.
  6. Isi formulir sesuai dengan data diri. Bila bingung, ada panduan untuk mengisi formulir yang tertempel di dinding. Pastikan data diri terisi dengan benar.
  7. Serahkan formulir ke bagian resepsionis, lalu tunggu sampai nama kita dipanggil.
  8. Setelah nama kita dipanggil, masuk ke ruangan foto. Bubuhkan tanda tangan di kertas yang tersedia. Petugas akan menyebutkan data diri kita, pastikan data diri yang disebutkan petugas sudah benar. Bila ada yang salah, segera beri tahu petugas tersebut. Kemudian ikuti instruksi petugas pada saat sesi pemotretan.
  9. Tunggu sampai ada petugas memanggil nama kita, dan SIM baru pun diperoleh. Bila sebelumnya telah membayar biaya laminating SIM, jangan lupa untuk kembali ke ruangan pengecekan kesehatan untuk proses laminating SIM.

Sekian sharing pengalaman dari saya. Mudah-mudahan bermanfaat 🙂

Advertisements

16 thoughts on “Memperpanjang SIM di Outlet SIM BTC Pasteur Bandung

  1. Ada cek kesehatannya juga toh?
    Emang yg di cek apa aja?

    • Halo Mas Gerry, terima kasih sudah mampir.

      Yang dicek cuma tekanan darah sama tes buta warna aja. Cepet kok, cuma 5 menit.

  2. Gan Disana melayani perpanjangan Sim Online gak?

    • Terakhir kali saya ke sana belum ada..tapi harusnya sih semua outlet SIM melayani perpanjangan Sim Online gan. Selamat mencoba.

  3. Mas, yg antri lama pas bagian apa?
    Pas kita dateng, langsung ambil ambil formulir? Gk ambil no antrian dulu?
    Pas cek kesehatan di panggil atau setelah isi formulir datang sendiri?
    Maaf nih bnyk nanya..

    • Wah maaf saya baru bales, mbak. Lagi sibuk, hehe.

      Yang lama itu cek kesehatan, karena biasanya cuma ada satu orang yang melayaninya.
      Untuk nomor antrian, di sana disediakan formulir…tapi tidak berlaku tuh, karena siapa yang pertama datang, dia yang pertama dilayani (first come, first serve).
      Cek kesehatan langsung datang saja, tidak akan dipanggil. Kalau bisa sih, datang ke outlet langsung saja ke tempat cek kesehatan supaya cepat.

  4. hari kerja bukanya sampe jam berapa ya ?

  5. Datang lebih baik diatas jam 1 siang.
    Kalo pagi jam 10 rame banget, mungkin ada seratus orang kayanya yang ngantri, sampai keluar2 outlet. sebelum berangkat kerja pada ijin dulu ngurus sim. hahaha

    • Terima kasih sarannya. Kebetulan tahun ini saya mau memperpanjang SIM juga.

      • gimana kang, perpanjangan nya?

        Ada yang bilang harus dateng pagi banget, karena cuman tersedia 120 formulir per hari dan tutup jam 15.00.

        Bener ga kang?

      • Saya belum perpanjang, bulan Juni baru saya mau perpanjang.

  6. bisa dim dari luar daerah selain bandung ga??

  7. Saran buat yang mau perpanjang di BTC: Jangan datang hari senin atau jumat, penuh banget, datang hari rabu atau kamis lebih sepi, dan datang setelah jam polisi istirahat (Sekarang polisi istirahat jam 1 siang kalau ngga salah), kalau mau aman standby jam 12 siang. Pengalaman saya dan teman2 kaga ada yang ngantri kalo siang gini, sebagian gugur harus balik ke tempat kerja sepertinya.

    Oiya sim corner di batununggal lebih sepi lagi, datang pagi jam 9 yang antri cuma 10 orang. Tapi kalau di sim corner benar2 harus datang pagi soalnya jumlah formulir lebih sedikit dibanding BTC, jam 11 sudah habis biasanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s