Pengalaman Perjalanan Bandung – Jakarta Menggunakan Travel

Berhubung akhir-akhir ini saya sering ke Jakarta – Bandung memakai jasa Travel, saya mau sharing pengalaman saya memakai berbagai jenis Travel yang pernah saya pakai:

Cipaganti (MGO)

Salah satu jasa travel yang sering saya pakai. Mulai tanggal 3 Juni 2015, Cipaganti berubah nama jadi MGO. Pool di Bandung letaknya di BTC Pasteur dan MTC Buah Batu. Saya sih biasanya ke Jakarta tujuan Cempaka Putih kalo naik Cipaganti, poolnya di ITC Cempaka Mas. Poolnya sedikit tidak terawat. Mobil menggunakan Hyundai Starex, mobil diesel tapi suaranya senyap karena udah diesel commonrail, mantap. Suspensi juga empuk, jadi nyaman. Tempat duduk 7-seat sebelah supir, nyaman. Tapi kalau duduk di paling belakang, kaki saya masih nabrak kursi di depannya. Supirnya kadang-kadang suka nyetel musik seenaknya, tapi bawa mobilnya jago, jadi cepet sampai. Di dalam mobil ada air minum gelas, gratis. Keberangkatan seringkali tepat waktu. Biasanya berhenti di rest area km 72. Harga Rp 120.000.

+ Mobil nyaman, suspensi empuk, senyap banget

+ Cepat

– Pool sedikit tidak terawat

– Supir kadang-kadang suka nyetel musik seenaknya

Baraya

Inilah travel paling ekonomis. Keunggulan yang ditawarkan Baraya adalah harganya yang terjangkau; hanya Rp 85.000 saja. Bahkan sekarang lagi ada promo, Bandung – Jakarta pulang pergi cuma Rp 110.000 !! Sangat murah kan? Tapi…ada tapinya loh…

Kondisi pool payah, bahkan terkesan seadanya. Sedih lah pokoknya. Pool di Bandung letaknya di Surapati, sebelah pom bensin di belakang Masjid Pusdai. Kalau ke Jakarta, saya biasanya ke arah Kelapa Gading; pool Baraya letaknya di Hypermall, yang ada Hypermartnya, seberang Lotte Mart. Mobil menggunakan Isuzu Elf 10-seat+2-seat sebelah supir. Sempit coy, apalagi yang paling belakang, empat orang sebaris. Nah, kalau mau Bandung – Jakarta pp cuma Rp 110.000, harus duduk di paling belakang. Mobilnya berisik, maklum Isuzu Elf, masih diesel conventional. Supir ramah, tapi bawanya nyantai, jadi lama nyampenya. Gak dikasih minum, jadi bawa sendiri ya dari rumah kalau mau minum, hehe. Keberangkatan suka telat; pernah saya pesan keberangkatan jam 19.00 tapi berangkatnya jam 19.30. Rest area di km 52. Pernah kejadian ada penumpang tambahan, gara-gara kesalahan manajemen Baraya yang mengakibatkan penumpang salah jurusan…bahaya juga nih. Walaupun begitu, peminat travel Baraya tidak sedikit, lho.

+ Murah

– Pool tidak terawat

– Lambat

– Manajemen masih kacau

– Mobil tidak senyaman Cipaganti (MGO) & CitiTrans. Kabin sempit dan kurang senyap.

Citi Trans

Jawaranya travel mewah. Pool di Bandung letaknya di Dipati Ukur (sebelah pom bensin) dan Pasteur (sebelah pool cipaganti yang di luar BTC). Kalau ke Jakarta, saya biasanya ke Kelapa Gading, poolnya di ruko setelah Lotte Mart. Mobil menggunakan Toyota HiAce 8-seat. Sangat lega, mewah, nyaman, bersih dan senyap. Kaki bisa selonjoran dengan bebas, enak banget deh pokoknya. Supir ramah, selalu mengingatkan untuk menggunakan sabuk pengaman…wah peduli sama keselamatan pelanggannya nih. Bawa mobilnya juga cepat. Tiap penumpang dikasih air minum 600 ml, ada tulisan Citi Trans nya..mewah euy. Keberangkatan sangat tepat waktu. Rest area saya lupa di km berapa, hahaha…tapi berhentinya cuma sebentar, bagus nih jadinya cepet sampe tujuan. Ada rupa, ada harga; Rp 135.000. Mahal sih, tapi sebanding lah sama kualitasnya.

+ Manajemen sangat baik

+ Mobil sangat lega, mewah dan nyaman

+ Cepat

+ Kondisi pool terawat

+ Tepat waktu

– Mahal

Sekian sharing dari saya, semoga bermanfaat 🙂

4 thoughts on “Pengalaman Perjalanan Bandung – Jakarta Menggunakan Travel

  1. Nice share bro… Thx…

  2. Pass saya lagi butuh infonya, tks

Leave a Reply

