The death of my Seagate

Mumpung libur ‘panjang’ (3 hari, kurang panjang sih sebenernya), Jumat, 1 Mei, saya sempatkan pulang ke Bandung, sekalian bertemu keluarga. Berangkat dari Jakarta pagi hari, ke Bandung butuh waktu 3 jam…Alhamdulillah sampai di rumah jam 09.30 WIB. Ngobrol-ngobrol sama orangtua, tak terasa waktu sudah mendekati dzuhur, yang artinya saya harus bergegas ke Masjid untuk menunaikan ibadah Shalat Jumat.

Sepulang Jumatan, saya makan siang, lalu seperti biasa melakukan kegiatan rutin (browsing). Tiba-tiba, laptop nge-freeze tapi masih bisa gerakin kursor mouse dan juga indikator hard disk menyala terus.Wah ini sih gejala BSOD (Blue Screen Of Death), udah sering kok, diemin dulu deh,’ kata saya dalam hati.

Lima menit kemudian, Blue Screen pun terjadi. Seperti biasanya, Windows melakukan memory dump, dan biasanya failed. Tapi entah kenapa, kali ini memory dump tak kunjung selesai. Saya matikan saja laptop nya dengan hard reboot, hal ini sudah sering saya lakukan.

Tekan lagi tombol power, laptop menyala lagi. Logo DELL muncul seperti biasanya, namun loading bar tak kunjung penuh juga. Hal ini juga sudah pernah terjadi, biasanya ya saya hard reboot lagi. Saya tekan lagi tombol power…tapi begitu lagi, loading bar tak kunjung penuh, hard reboot lagi. Ulangi lagi, lagi, dan lagi…sampai saya akhirnya menyerah, saya diamkan saja laptop-nya, siapa tau loading bar-nya penuh.

EH ternyata bener penuh. Tapi muncul tulisan yang tidak biasa: ‘Operating system not found.’

Wah. File OS itu kan ada di hard disk. File OS gak pernah saya ubah-ubah atau dihapus sebelum terjadi BSOD. Berarti file OS harusnya masih ada di hard disk. Tapi katanya not found. Pasti hard disk-nya nih.

Langsung saja saya cari service center DELL yang katanya ada di Jl. Naripan 90A. Tapi ternyata cuma ruko biasa, gak ada nama DELL nya. Akhirnya saya putuskan ke BEC saja. Teringat ada toko DELL di lantai 1, saya langsung ke toko itu (letaknya dekat escalator). Kata penjualnya, kerusakan seperti ini harus dibawa ke service center nya, yang katanya berada di Jl. Astana Anyar. Sialnya, tanggal merah itu libur, sedangkan besoknya (Sabtu) cuma buka sampai jam 2. Saya harus segera membetulkan laptop saya karena harus balik lagi ke Jakarta.

Jadilah saya ke toko biasa. Saya pergi ke toko ARMY, karena dulu bapak saya pernah service laptop di sana. Dan benar saja, banyak sekali laptop yang sedang direparasi di sana. Melihat hal tersebut, saya jadi yakin mau membenarkan laptop saya di toko itu.

Saya kemukakan saja permasalahannya ke si aa toko. ‘Wah kayaknya hard disk-nya nih, saya cobain dulu ya,’ kata si aa. Baut back cover laptop saya pun dibuka satu per satu…lalu dicabutlah hard disk laptop saya. Si aa pun mencoba booting laptop saya pake flashdisk, untuk ngecek apakah laptop tidak freeze di logo DELL kalau hard disk nya dicabut…ternyata loading bar pun penuh, dan akhirnya proses booting berjalan dengan normal! ‘Tuh kan hard disk nya,’ kata si aa toko.

Saya mulai harap-harap cemas. Apakah data-data di hard disk saya yang mengalami failure itu bisa diselamatkan? Langsung saja saya minta tolong ke si aa buat menyelamatkan data-data tersebut. Ternyata…hard disk-nya tidak terdeteksi, artinya data saya semuanya HILANG! Saya pun harus membeli hard disk baru yang harganya lumayan menguras kantong…duh, sudah kehilangan data, kehilangan uang pula.

Semua software-software penting hilang, dan yang paling bikin sedih…semua file musik hilang! Beruntung, installer software-software sudah saya backup…sedangkan untuk lagu, cuma sedikit yang bisa terselamatkan, berhubung beberapa lagu koleksi saya sudah tertanam di Si Putih Sony Walkman.

RIP :(

RIP 😦

Goodbye Seagate Momentus 7200.4, thanks for everything over the past 5 years.

PS: Entah sejak kapan, di BEC sekarang ada yang jual batu akik. Mungkin extension BEC nanti namanya BAC (Batu Akik Center).

Leave a Reply

