Setelah hampir 3 tahun mati…akhirnya hidup kembali!

UPDATE: Alamat Don’t Blame Your Ears sepertinya udah pindah ke BEC Extension Lantai 2 no. Y05. (Sumber: website dbe)

Tentunya bukan makhluk hidup yang saya maksud pada judul di atas, hehe…setelah hampir 3 tahun lamanya, headphone saya akhirnya berfungsi kembali!

Headphone ini saya pakai untuk memutar musik-musik favorit di music player Sony WALKMAN seri S616F. Sebenarnya, pake headphone biasa di walkman ini tuh udah oke banget. Dengan teknologi andalan CLEAR Bass, Clear Stereo, dan Dynamic Sound Enhancement Engine, bassnya kerasa banget, suaranya juga jernih. Menurut saya, kalau dibandingin dengan iPod Nano, yang dulu harganya gak beda jauh sama ini (kalau sekarang harga iPod Nano udah menggila haha), untuk urusan suara iPod Nano kalah agak jauh lah sama walkman. Kalau diibaratkan sepakbola, skornya walkman 4-1 iPod…hahaha. Tapi memang dasar manusia, udah dikasih enak tetep aja masih gak puas. Saya pengen denger yang lebih mantep lagi, kalau bisa sampai ada sensasi bergetar di telinga saya hahaha. Jadilah saya beli headphone mewah dengan harga rendah. Dapetnya ya ini, Sennheiser HD202.

Sennheiser HD 202 with Sony WALKMAN NWZ-S616F

Sennheiser HD 202 with Sony WALKMAN NWZ-S616F

Saya beli headphone ini tahun 2010. Saya masih inget belinya jaman saya masih SMA sebelum masuk kuliah di toko Sony, Ciwalk. Ditebus dengan harga 300ribu…sekarang mungkin udah 400 ribuan. Terakhir kali ke Ciwalk, tokonya udah gak ada, hahaha.

Setelah saya beli, langsung aja saya burn di komputer seharian. Keesokan harinya saya setel musik di walkman pake si HD202 ini dan ternyata…manTAFT banget coooyyy!! Untuk low frequency, di sinilah kemampuan paling mantep dari HD202…bassnya nendang banget. Ditambah CLEAR Bass dari walkman, suara bass makin nendang..sampai ada sensasi bergetar, hahaha. Tercapailah tujuan saya beli headphone ini. Selain itu, untuk high freq HD202 juga oke kok, detail-detail dari suara gitar dan alat musik lainnya terdengar dengan jelas. Untuk mid freq seperti suara vokal memang sedikit (dikit banget) tertutup oleh bass, namun hal tersebut bisa diatasi berkat si mungil Sony Walkman. Jadilah duet maut Sennheiser HD202 dan Sony Walkman S616F yang memanjakan telinga setiap kali saya mendengarnya, hehe.

Dua tahun setelah saya beli headphone itu, suatu hari si HD202 ini mengalami masalah. Suaranya cuma muncul sebelah. Saya bingung waktu itu, apakah headphone ini bisa dibenerin, kalau bisa, dimana? Mahal gak? (garansinya udah habis haha) Atau beli baru aja sekalian nyobain merk lain? Semua opsi itu gak bisa dilakukan karena memang saya lagi gak punya uang, dan kalaupun ada uang saya prioritaskan ke hal yang lain hahaha. Jadi ya udah saya pensiunkan aja si HD202, balikin lagi ke kotaknya terus saya simpen.

Alhamdulillah, berhubung kemarin saya punya rezeki dan juga saya kangen sensasi si HD202, saya lansung ingat untuk membangkitkan lagi si HD202. Saya pun teringat kata teman saya bahwa ada toko yang bisa mengurus service headphone, tempatnya di Be Mall…tapi teman saya gak tau nama tokonya apa (lawak maneh hahaha). Saya cari di google, dapet deh nama tokonya: Don’t Blame Your Ears. Langsung aja saya telepon si toko itu yang alamatnya di Be Mall…tapi gak tersambung terus. Terus saya coba chat si pemilik tokonya via YM (YM broooooo, udah 2015 masih ada yang bertahan pakai YM, salut gan). Katanya tempat servicenya pindah ke Jl. H. Akbar Gg. Wiriadmadja No. 1. Walah, dimana pula itu. Ternyata deket pabrik kue kartika sari, deket stasiun kereta api di Jl. Kebon Kawung.

Saya pun meluncur ke sana, untung gak sulit nyari tempatnya…dari stasiun kereta api, lurus terus sampai ada papan Kartika Sari, masuk ke Jl. H. Akbar, jalan terus sampai harum kue (hmm…dari baunya aja udah kebayang kuenya nikmat, sluurph) nya hilang, terus belok kiri masuk gang Wiriadmadja, lurus terus sampai rumah kedua terakhir sebelum jalan mentok. Sebelum ke sana, gambaran awal saya tuh tempat servicenya seperti toko gitu, eh taunya rumah biasa, tulisan Don’t Blame Your Ears nya juga cuma di secarik kertas yang ditempel di jendela…jadi ragu nih, pelayanannya bagus atau nggak yah. Saya coba aja deh, udah capek juga papanasan jauh-jauh dari rumah.

Masuk ke ‘toko’…sederhana banget, cuma ada satu meja dan dua kursi. Tapi di sebelahnya, ada sekumpulan headphone mewah sekelas Audio-Technica, Grado, AKG, SHURE, Sennheiser, dll….beuh, ngiler saya liatnya, mantep-mantep euy. Minta satu dong kang, hehehe. Saya tanya kenapa kok gak di Be Mall lagi, katanya: Be Mall nya udah tutup, nanti mau pindah ke BEC. Pantesan ditelpon gak nyambung-nyambung…saya baru tau Be Mall udah tutup, hahaha.

Saya serahkan si HD202 ini ke si akang dbE. Katanya sih kemungkinan penyebabnya ada 3: Kabel, driver, atau jack. Kalau kabelnya bermasalah, nanti kabelnya dibenerin dan jadinya panjang sebelah. Saya sih oke-oke aja kabel panjang sebelah, daripada headphonenya gak bisa dipake hahaha. Dua hari kemudian, saya ditelpon sama dbE, katanya headphone saya udah sembuh dan biayanya 70 ribu. Katanya sih kabelnya ada yang mengelupas, seperti digigit tikus…wah ini sih pasti digigit semut merah, entah kenapa headphone ini disukai semut merah, sampai busanya bolong-bolong nih.

Akhirnya…duet maut is back! Si hitam Sennheiser HD202 + si putih Sony WALKMAN NWZ-S616F. Tinggal download musik-musik yang tipe filenya FLAC nih biar lebih mantep lagi, tapi karena internet di rumah payah, jadi males downloadnya hahaha.

Overall, service di dbE oke. Orangnya ramah dan responnya cepat. Recommended nih buat teman-teman yang mau service headphone di sini. Thanks dbE!

Advertisements

4 thoughts on “Setelah hampir 3 tahun mati…akhirnya hidup kembali!

  1. Gan sata jg punya problem yg sama, sennheiser 202 saya yang kanan ga keluar suaranya…Apa tempat serviceny masi ngelayanin service skrang? Saya di tangerang… Klo kirim2 bisa ga ya?

    • Halo gan. Masih melayani service kok, untuk masalah kirim-kirim saya gak tau bisa atau nggak, jadi silakan hubungi aja pihak dBE nya biar lebih jelas hehe.

      http://www.dontblameyourears.com/
      untuk fast respon, chat via YM. ID nya: dontblameyourears_bdg
      kalau gak salah ini no.telp nya: 022-4234642

      Selamat mencoba gan 🙂

  2. Bro, kalo service earphone kira-kira ada nggak ya, buat ue200 ane nih…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s