Deja Vu

Ceritanya, siang ini saya keluar rumah (akhirnya…), ke kampus dan tempat service headphone. Setelah semua urusan beres, saya pun pulang ke rumah. Sesampainya di rumah, ternyata rumahnya kosong, sekosong kehidupan ini (halah). Saya pun nonton TV, nyobain receiver beserta motor penggerak parabola baru. Ternyata asik loh, bermodalkan receiver, motor, dan parabola, saya udah bisa menikmati ratusan siaran Free To Air (FTA) dari berbagai negara. Dan juga gambarnya jernih banget, malah lebih bagus daripada langganan TV kabel.

TV nyala, saya pun duduk. Saya teringat sesuatu..terus saya cari deh di Google. Setelah itu, saya mengalami hal yang aneh.

“Rasanya udah pernah mengalami hal ini…udah ini pasti saya melakukan itu.”

*melakukan itu*

“Tuh kan bener.”

Kejadian seperti itu sudah sering saya alami. Katanya sih kejadian begitu tuh namanya Deja Vu, berasal dari bahasa Prancis yang artinya “already seen” (udah pernah liat).

Deja Vu ini menurut saya merupakan kejadian yang unik, karena ada sensasi ‘rasanya udah pernah, tapi sebenernya belum pernah’. Pernah saya baca katanya Deja Vu ini merupakan salah satu tanda bahwa seseorang memiliki kemampuan spiritual.

Saya juga pernah baca bahwa Deja Vu itu terjadi karena pada suatu saat, neuron pada otak melakukan kesalahan. Pada saat kita mengalami sesuatu yang baru, neuron akan mengirim sinyal ke otak bahwa hal yang saat itu juga sedang dialami merupakan sesuatu yang baru. Nah, pada kasus Deja Vu, neuron mengirim sinyal yang salah; neuron mengirim sinyal ke otak bahwa hal yang saat itu sedang dialami merupakan sesuatu yang sudah pernah dialami, padahal pada kenyataannya belum pernah dialami.

Entah yang mana yang benar, tapi saya merasa excited kalau mengalami Deja Vu. Saya juga gak tau apakah Deja Vu ini dialami banyak orang atau tidak, kalau iya, sering mengalami Deja Vu atau tidak. Apakah Anda pernah/sering mengalami Deja Vu?

Leave a Reply

