Pilpres 2014: Suasana yang mencengangkan

Suasana pilpres tahun ini sukses membuat saya muak. Dunia maya dipenuhi oleh Prabowo dan Jokowi. Yang membuat saya kesal dan muak adalah kebanyakan isinya tentang keburukan masing-masing calon, belum lagi ditambah ‘pasukan dunia maya’ fanatik semacam panasbung dan panastak. Seakan-akan mereka itu mendewakan masing-masing jagoannya, pokoknya jagoannya itu suci, pasti benar dan paling hebat.

Suasana ini membuat saya tersadarkan akan sesuatu. Kenapa artikel yang menjelaskan keunggulan masing-masing calon presiden jumlahnya sedikit? Di sisi lain, artikel yang isinya menjelekkan dan/atau menyudutkan salah satu calon banyak pembacanya. Ternyata beginilah mental orang kita. Jagonya memfitnah, main black campaign, menjelek-jelekkan orang, dan lain-lain. Parahnya lagi, orang-orang yang membaca ‘karya’ mereka langsung percaya saja, tanpa meng-cross check kebenarannya terlebih dahulu. Di news feed Facebook saya, banyak teman-teman yang nge-share secara membabi buta. Sumbernya dari website ‘suci’ dan website gak jelas. Website opini dijadikan fakta. Bahkan artikel yang berasal dari website komedi dianggap serius. Dan hampir semuanya bersifat negatif (menjelek-jelekkan, memfitnah, dan sebagainya).

Sistem pemilihan presiden kita bergantung pada setiap warga negaranya. Kalau warganya cerdas-cerdas, maka mereka pasti dapat membedakan mana yang benar dan mana yang tidak benar. Tapi kenyataannya sekarang tidaklah demikian. Melihat kapabilitas para pemilih yang seperti itu, tepatkah negara ini menganut sistem demokrasi?

Saya jadi ingat seseorang yang pernah berkata begini:

“Percuma negara kita pakai sistem demokrasi, rakyatnya bodoh-bodoh dan masih mikirin perut.”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s