Radio, Sampai Kapan Akan Bertahan?

Beberapa dekade ke belakang, ketika internet belum begitu umum penggunaannya, orang-orang mengandalkan radio untuk mendengarkan musik. Pada saat itu, ketika kita ingin mendengarkan satu lagu yang spesifik, maka umumnya kita request ke penyiar radionya, minta tolong untuk diputarkan. Sekalian kirim-kirim salam gitu, hehehe. Selain mendengarkan musik, pada saat itu radio juga kadang-kadang dijadikan tempat meminta bantuan bagi para pendengarnya. Mulai dari curhat masalah asmara hingga minta bantuan untuk masalah yang serius seperti kesehatan dan kejahatan.

Internet mengubah gaya hidup semua orang. Kini kita dapat mendengarkan musik apa saja yang kita inginkan dan kapan saja kita mau. Tinggal buka youtube, grooveshark, last fm dan sebagainya, cari musik yang diinginkan, terus tinggal dengerin deh. Radio pun perlahan-lahan mulai ditinggalkan, karena lebih praktis lewat internet.

Dengan semakin banyaknya pengguna internet, timbul pertanyaan; masih banyakkah pendengar radio sekarang? Saya sendiri sampai sekarang masih mendengarkan radio. Saya gak suka sama lagu-lagu mainstream jaman sekarang. Perasaan lagunya gitu-gitu doang. Kalo lagu lokal, sekarang ini lagi kesurupan aliran k-pop, kebanyakan boyband dan girlband. Sedangkan di kancah internasional, lagu sekarang yang lagi ngetrend adalah lagu-lagu aliran jedag-jedug. Lagunya ya gitu doang, jedag-jedug, lirik berulang-ulang (kadang-kadang rap ga jelas), ditambah mad arid lissukun di tiap bait nya (bla bla blaaaaaaaaaa, ble ble bleeeeeee, dsb.).

Selain itu, kalau saya udah mulai bosan dengan lagu yang lagi seneng diputer-puter terus sampai nonstop, radio jadi solusinya. Umumnya sih saya milih channel radio yang muter lagu-lagu lawas. Tinggal pilih saluran yang tepat, maka muncullah lagu-lagu lama yang membangkitkan kenangan jaman dulu (ceileh…). Saya juga jadi tau lagu-lagu lawas yang ternyata oke juga loh, malah termasuk legend (legend tapi saya baru tau haha).

Berikut ini beberapa saluran radio favorit saya:

1. KLCBS The Jazz Wave Bandung (100.4 FM)

Seperti namanya, saluran ini umumnya menyiarkan lagu-lagu jazz. Bermacam-macam lagu jazz ada di sini, tapi sebenarnya saya lebih suka smooth jazz. Kalau lagi nyiarin jazz yang rumit, saya langsung pindahin, pusing dengernya hahaha.Bisa request lagu juga loh. Cocok diputar kalau lagi hujan, bikin suasana jadi relax~

2. K-Lite FM (107.1 FM)

Saluran yang satu ini umumnya menyiarkan lagu-lagu hits di tahun 2000an, 90an dan 80an. Genrenya pun luas, mulai dari rock, slow rock, disco, R&B, soul, jazz, pop, dan lain-lain. Biasanya kalau malem lagunya mantep-mantep nih.

3. CBL FM (91.7 FM)

Sebenarnya lagu-lagu yang disiarkan CBL gak beda jauh sama K-Lite. Lagu-lagu hits, dengan berbagai macam genre, dari dalam maupun luar negeri, semuanya ada di sini.

4. Chevy FM (103.5 FM)

Kalo yang ini, umumnya lagu-lagu yang diputer adalah lagunya bapak-bapak dan ibu-ibu. Kebanyakan lagunya ’80s. Kadang-kadang juga diputer lagu tradisional sunda dan batak juga. Yang request juga kebanyakan bapak-bapak dan ibu-ibu hahaha. Tapi mantep-mantep lagunya.

5. Best Smooth Jazz FM (bsj.fm)

Nah kalo yang ini beda lagi nih. Dengerinnya harus streaming pake internet. Stasiun radio ini ada di London, dikelola oleh Rob Lucas. Dia mengelola semuanya seorang diri loh. Sesuai nama channelnya, lagu-lagu yang diputer disini semuanya smooth jazz, tapi kebanyakan mellow dan instrumental. Cocok banget sama selera saya hehehe. Streaming radio ini gak perlu koneksi yang kenceng-kenceng banget, modal 384 kbps juga udah lancar. Kalau mau coba, tinggal langsung aja ke bsj.fm.

Nah, itulah beberapa saluran radio favorit saya. Walaupun kini tidak lagi menjadi primadona, mudah-mudahan radio tetap jaya. Amiin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s