Menggunakan Whatsapp di Komputer (PC)

EDIT: Sekarang sudah ada WhatsApp Web. Tapi cuma bisa pake Google Chrome. Berhubung saya gak pake Chrome, jadi belum nyobain (males juga install Chrome nya). Nanti kalo udah ada versi buat FireFox, akan saya coba.

Buat kamu-kamu yang cuma pake whatsapp seperlunya, pengen pake whatsapp tapi gak mau pake smartphone, atau buat cadangan kalo hpnya ilang, nih saya kasih tau cara nginstall Whatsapp di PC.

Ada beberapa hal yang harus dimiliki, diantaranya adalah:

1. Emulator Android. (download di sini)

2. HP apapun (asal bisa nerima SMS dan telp) dan nomor hp aktif (akun Whatsapp).

3. Contact list (bisa export dari HP Android atau bisa dari backup di GMail, tapi lebih diutamakan export dari Android).

4. Dropbox dan akunnya.

Hal pertama yang kita butuhkan adalah emulator android. Apa itu emulator android? Emulator itu semacam duplikat dari suatu perangkat. Emulator Android berarti suatu program yang menyerupai android. Emulator ini akan diinstall di PC, jadi nantinya kamu punya ‘HP android’ di PC. Emulator yang saya gunakan di sini adalah Bluestacks. Silakan download dulu emulatornya, lumayan gede loh filenya.

Setelah berhasil install Bluestacks, sekarang kamu udah punya ‘HP Android’ di PC. Langkah selanjutnya adalah install Whatsappnya di Bluestacks. Caranya sama seperti saat memakai Android, search Whatsapp di play store, lalu install.  Setelah itu akan ada verifikasi akun. Masukin nomor hp kamu, nanti Whatsapp bakal SMS kodenya ke hp kamu. Nah, bedanya dengan di hp kita harus nungguin sampai timernya abis (karena android yang dipake hanyalah emulator, bukan android beneran :)) ). Masukin kode yang di-SMS oleh pihak Whatsapp. Kalau salah masukin kode, tenang aja, nanti Whatsappnya bakal nelepon ke hp kamu, pulsa gak bakal kesedot kok. (pengalaman pribadi 😀 )

Nah, Whatsapp-nya mirip dengan di HP Android kan? Tapi masih belum ada friendlistnya nih. Sekarang kita harus import contact list teman-teman kita. Cara yang saya pake adalah menggunakan Dropbox. Di HP Android yang sebenarnya, export semua kontak menjadi satu file, lalu kirim ke Dropbox. Setelah itu, di emulator kita download kontak tersebut kemudian import kontaknya.

Cara lain buat import contact list adalah menggunakan fitur backup contact dari GMail. Cara yang pastinya saya gak tau (belum pernah nyobain, soalnya saya dulu pake Bluestacks versi lama), tapi di Bluestacks yang terbaru ada fitur SYNC account, jadi mungkin bisa digunakan fitur SYNC tersebut.

Selesai deh, sekarang kamu bisa Whatsapp-an di PC!

WA bluestacks

Advertisements

3 thoughts on “Menggunakan Whatsapp di Komputer (PC)

  1. Tulisan inI terinspirasi dari aku kah ky? Hahaha *geer pisan* :))

    • dulu pengen nulis tentang ini sih, tapi ga sempet2. trus kemarin kamu nanyain tea. jadi mungkin terinspirasi dari kamu. hahaha

  2. […] pulsa dan beli smartphone yang harganya mahal, mending saya pake hp yang sederhana aja. LINE dan WhatsApp-nya saya pakai di komputer aja, berhubung ada internet […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s