Re-playing Persona 3 FES pake emulator

Melihat game-game jaman sekarang, yang kebanyakan genrenya First-Person Shooting, membuat diri ini jenuh. Padahal, ane paling suka sama yang namanya Role Playing Game, apalagi yang Turn Based semacam Final Fantasy dan Suikoden. Sayang, akhir-akhir ini sepertinya genre tersebut semakin sedikit saja 😦 .

Kangen, ane pun mengingat-ingat game jaman dulu yang seru. FF7, FF8, FF9, Suikoden II, Tales of Destiny II, Arc The Lad 1, 2, 3, Hoshigami, Saiyuki, Breath of Fire IV, Dragon Warrior VII, Legend of Dragoon, Front Mission III, semua udah dimainin lagi. Semuanya memang game-game PS1, gambarnya pun kotak-kotak, beda jauh sama game-game sekarang hahaha. Walaupun begitu, storyline nya sangatlah menarik.

Udah melepas rindu dengan PS1 dengan bantuan emulator, sekarang jadi kangen sama game PS2. PS2 nya ada, tapi kondisinya sudah tidak prima euy, jadi satu-satunya cara maen PS2 ya pake emulator. Konon, emulator PS2 tuh masih belum mulus. Tapi karena udah kangen berat, saya pun mulai cari-cari emulator yang paling mulus di google, dan pilihan jatuh pada PCSX2.

Setelah setting-setting emulator beres, tinggal cari game nya nih. Ane mulai cari-cari dus tempat nyimpen DVD PS2, dan berhasil ketemu! Penuh dengan debu, untung masih inget nyimpennya di mana hehehe. Langsung saja dicari game RPG nya, ada FF X, FF XII, Suikoden III, IV, V, dan….Persona 3 FES!

Langsung saja P3 FES dimasukkan ke laptop, dan alhamdulillah masih bisa terbaca (padahal baret-baretnya udah banyak banget!). Diconvert ke ISO, biar awet DVD dan DVD-ROM nya. Jalanin di PCSX2…dan game pun berjalan dengan mulus! YEAHHH

Persona 3 FES In-Game Battle

Persona 3 FES In-Game Battle, masih cupu euy ;p

Ada yang belum tau Persona 3 FES, atau lebih lengkapnya Shin Megami Tensei: Persona 3 FES? Menurut saya ini game RPG yang bagus banget. Ceritanya, ada seorang siswa SMA pindahan dari suatu tempat, dan ketika dia tiba di tempat barunya, dia mengalami hal-hal yang aneh. Ternyata, bukan hanya dia yang mengalami hal tersebut. Beberapa teman satu sekolahannya pun ada yang mengalami hal yang sama. Dia dan teman-teman barunya pun berpetualang untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi dan apa yang sebenarnya mereka alami.

Persona 3 FES ini game yang unik. Game ini memadukan kehidupan sekolah seorang siswa SMA dengan kehidupan ‘lain’. Sebagai seorang siswa yang baik, kita harus pintar-pintar membagi waktu antara belajar, bersosialisasi dengan teman-teman, mengembangkan diri, dan jangan lupa berpetualang di dunia ‘lain’. Jadi pagi-pagi, karakter utama sekolah dulu, pulang sekolah dia bebas mau ngapain, apakah mau belajar, bersosialisasi, ikut ekskul, pergi ke mall, atau mau tidur juga boleh hahaha. Malam harinya, dia juga bebas mau ngapain, apakah mau belajar, hangout malem-malem, langsung tidur, atau berpetualang ke dunia ‘lain’. Storyline mantep, gameplay mantep banget, gambar lumayan oke, music-musicnya juga catchy, mantep deh pokoknya recommended banget coy! Ah jadi inget jaman-jaman sekolah, betapa indahnya…rasanya bebas banget, hehehe..

Persona 3 FES After School

Semua ini berkat emulator PCSX2 yang sudah berkembang dengan baik. Kalau versi dulu (sebelum versi 1.0.0), banyak game yang incompatible dan kalaupun ada yang compatible, pasti mainnya nggak lancar. Walau sudah berkembang sedemikian baiknya, ternyata masih terjadi FPS drop dari 60 jadi sekitar 40, akibatnya game jadi melambat…tapi itu nggak terlalu mengganggu, karena sebagian besar game berjalan dengan mulus. Terima kasih kepada para developer PCSX2, what a great job all of you have done! Es ist süper!!

Link: PCSX2cara setting, convert DVD ke ISO, PS2 BIOS.

edit: Game beres tamat pada 13 Oktober 2013. Damn, endingnya sedih banget..sampe nangis. :(( eh ternyata masih ada lanjutannya (The Answer), lanjutin lagi deh.

edit: The Answer selesai pada 20 Oktober 2013. Akhirnya Persona 3 FES beres!! Ceritanya mantep banget euy, nyentuh ke hati :((

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s