‘Bad Sector’

Beberapa hari yang lalu, komputer saya mengalami keanehan. Startup menjadi sangat lama, komputer sering ‘not responding’, gerakan mouse terputus-putus, denger musik jadi terputus-putus, buka task manager aja harus nunggu 5 menit. Kalau lihat di task manager, tidak ada proses yang bebannya berat, lihat di CPU Usage pun grafiknya normal. Tapi, lampu indikator ‘busy’ nyala terus. Wah, ada apa ini?

Dugaan mengarah ke program yang bikin startup menjadi berat, seperti anti virus (soalnya dulu punya pengalaman, gara-gara pasang anti virus, komputer malah sering mengalami Blue Screen Of Death. AV yang dipakai: Av**a). Boot safe mode..lancar, tidak ada ‘penyakit’ seperti saat boot normal mode. Otak-atik service startup, service anti virus diubah jadi disabled semua, di system configuration juga startupnya di-disable. Boot normal mode…wah lumayan nih startup jadi cepet, mouse bisa gerak mulus, denger musik juga lancar. Tapi kesenangan cuma berlangsung selama 10 menit. ‘Penyakit’ itu muncul lagi.

Kalau cari di google, memang banyak juga yang mengalami ‘penyakit’ seperti itu. Tapi ternyata penyebabnya bisa bermacam-macam. Ada satu rekomendasi dari seseorang di suatu forum, katanya buka Event Viewer, terus liat ada yang error atau nggak. Begitu liat event viewer…wah ternyata ada masalah di hard disk. Dalam satu jam, ada 6000 error yang terjadi di hard disk, dan masalahnya adalah:

The driver detected a controller error on \Device\Harddisk0\DR0.

Event Viewer

Ada 6000 kali error dalam satu jam, pantes aja ‘busy’ melulu! Klik untuk memperbesar.

Search di google tentang error itu, katanya kalo ada error seperti itu berarti ada masalah hard disk failure. Waduh, masa hard disk saya rusak sih? Mulai cemas nih.

Terlintas di pikiran untuk melakukan diagnosis-diagnosis yang berhubungan dengan hard disk seperti check disk. Check disk di drive E:\ (hard disk dipartisi jadi 3; C:\, D:\, E:\), lumayan lama prosesnya tapi ternyata gak ada masalah. Check disk di drive D:\..wah prosesnya lebih lama dari yang E:\ nih, tapi ternyata ga ada masalah juga. Nah ketika check disk di C:\, banyak sekali ‘bad sector’-nya! Check disk nya aja makan waktu 2 jam setengah (!). Begitu selesai, komputer re-boot, lalu boot normal seperti biasa..dan akhirnya komputer pun sehat lagi, lincah seperti biasanya! Alhamdulillah 🙂

Ternyata penyebabnya adalah Bad Sector. Apa itu bad sector?

A bad sector is a sector on a computer’s disk drive or flash memory that cannot be used due to permanent damage (or an OS inability to successfully access it), such as physical damage to the disk surface (or sometimes sectors being stuck in a magnetic or digital state that cannot be reversed) or failed flash memory transistors. (sumber)

Berkat kejadian itu, nambah ilmu baru. Kalau ada yang error-error, atau ada yang aneh-aneh, hal yang pertama kali dilakukan adalah: buka Event Viewer! Dari situ bisa ketahuan ada keanehan apa aja yang terjadi dalam waktu 1 jam, 24 jam, dan 7 hari.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s