Review: The Power of Negative Thinking

Image

Sebuah buku karya pelatih basket ternama asal Amerika Serikat, Bob Knight.

Buku ini sebagian besar berisi tentang pemikiran-pemikiran dan cara pandang beliau. Pemikiran beliau memang beda dari yang lain. Kebanyakan para pemimpin memotivasi bawahannya dengan optimisme dan kata-kata yang memberikan harapan. Namun, Bob tidak menggunakan cara itu. Bob mengajari anak asuhnya untuk menjadi pribadi yang realistis dengan metode Negative Thinking. Negative Thinking yang diajarkan Bob bukanlah berprasangka buruk. Negative Thinking yang dia maksud adalah cara berpikir kritis, realistis, dan rasional.

Isi buku ini menarik, mengajarkan kita untuk tidak terlalu optimis, tidak terlalu percaya diri dan selalu waspada akan kemungkinan-kemungkinan buruk yang akan terjadi bila kita tidak berpikir secara rasional. Berisi 240 halaman, tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis. Walaupun Bob merupakan seorang pelatih basket, Negative Thinking yang dia paparkan cocok untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, memberikan cara pandang baru bagi para pembacanya. Saya sepenuhnya setuju dengan cara berpikir dia (saya juga orang yang realistis, tidak percaya dengan klise-klise positif yang berbau harapan palsu dan ketidakmungkinan). Namun, berhubung Bob merupakan seorang pelatih basket, sebagian besar pemikirannya disampaikan melalui pengalaman-pengalamannya melatih di dunia basket sehingga menurut saya buku ini kurang cocok bagi mereka yang tidak suka dengan basket. Selain itu, pada bagian akhir penerjemahan buku ini kurang baik sehingga pesan dari Bob tidak tersampaikan dengan baik.

Secara keseluruhan: Rating 4/5.

Quote menarik:

Menurut saya, salah satu dari sederet kata-kata hampa palsu adalah ‘Kalian dapat melakukan segala hal yang ingin kalian lakukan.’ Faktanya, Anda tidak bisa. Bukankah ada ungkapan, “serahkan saja pada rencana ilahi yang telah mengatur perputaran dunia lewat prinsip ‘saling ketergantungan'” dan faktanya, manusia justru memiliki banyak keterbatasan, sehingga dunia ini telah memunculkan dokter, tukang ledeng, montir listrik, dan ahli mesin yang hebat. Maka, jangan berpikir Anda bisa melakukan segala hal.

Satu lagi:

Pikiran positif bisa mengarahkan orang untuk percaya bahwa tidak ada hal yang tidak bisa mereka lakukan jika mereka membayangkan melakukannya dengan baik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s