Loser

Semua ini tentang kemenangan.

The winner takes it all.

Hampir dalam semua hal, apalagi dalam hal yang bersifat kompetitif, para pemenanglah yang selalu menjadi pusat perhatian. Para pemenang itu dipuji. Disanjung. Dihormati. Disegani. Diingat. Dielu-elukan. Dibangga-banggakan.

Para pemenang itu mendapatkan kemenangannya dengan tidak mudah. Mereka bekerja keras, bahkan sampai rela berkorban.

Namun ternyata tidak semua yang bekerja keras dan berkorban menjadi pemenang. Ada kalanya sekeras apapun seseorang berusaha, tetap saja dia kalah oleh para pemenang itu. Apa yang para pemenang miliki, namun tidak dimiliki oleh mereka yang kalah?

Bakat.

Padahal, para pemenang bisa diputuskan sebagai pemenang kalau pihak lawan kalah.

Without losers, there will be no winners.

Nyatanya, mereka yang kalah jarang dipandang. Semua kerja keras kandas di ujung jalan. Apa boleh buat, mereka pun harus rela dipandang sebelah mata.

Ternyata, kekalahan itu membangkitkan semangat. Rasa pahit itu selalu diingat, agar tidak terulang lagi. Mereka pun mencoba lagi di kesempatan berikutnya. Namun hasil akhir tetaplah sama. Mereka kalah lagi, lagi dan lagi. Hingga akhirnya, mereka pun putus asa. Muncul pertanyaan di benak mereka, “Buat apa mencoba hal yang sama, kalau akhirnya selalu kalah?”

Sejak itu, mereka tidak mau melakukan hal itu lagi. “Semua kerja kerasku selama ini sia-sia. Andai saja dulu aku tidak memilih jalan ini.”

Maka terjebaklah mereka. Mereka tidak bisa mundur, namun akan kalah bila maju. Mereka harus rela menjadi pecundang terus menerus. Hanya ada penyesalan di benak mereka.

How can a loser ever win?

(Al Green – How Can You Mend A Broken Heart?)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s